IT Sourcing Methods

A. Outsourcing
Outsourcing adalah metode penggunaan sumber daya manusia yang berasal dari pihak eksternal untuk menangani atau membangun sistem perusahaan.

outsourcing

B. Insourcing

Insourcing adalah metode penggunaan sumber daya manusia yang berasal dari pihak internal yang dibentuk dalam satu bagian khusus untuk menangani atau membangun sistem untuk bagian-bagian lain dalam perusahaan.

insourcing

C. Self Sourcing

Self Sourcing adalah metode penggunaan sumber daya manusia yang berasal dari pihak internal untuk menangani atau membangun sistem untuk bagian masing-masing dalam perusahaan.

selfsourcing

D. Kesimpulan

Dari ketiga metode yang ada, saya paling tidak menyarankan metode selfsourcing karena SDM yang ada belum tentu mempunyai latar belakang atau keahlian dalam bidang IT. Rasa memiliki yang tinggi terkadang membawa efek negatif seperti contohnya ketika SDM tersebut keluar, dia dapat mengunci atau bahkan merusak sistem yang ada, dokumentasi pun terserah SDM tersebut mau dibuat atau tidak. Antara metode outsourcing dan insourcing sama-sama mempunyai keuntungan dan kerugian yang hampir seimbang. Namun begitu, saya lebih memilih metode insourcing. Dari segi teknis, insourcing bila dibandingkan dengan selfsourcing jelas lebih baik karena SDM yang ada memang mempunyai keahlian khusus. Tanggung jawab juga lebih jelas dalam insourcing karena mempunyai bagian tersendiri. Bila dibandingkan dengan outsourcing, segi teknis tidak jauh berbeda karena mempunyai latar belakang yang sama, pengetahuan sekarang juga mudah didapat dari internet. Memang bila dibandingkan dengan biaya, outsourcing lebih unggul karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk karyawan. Namun, biaya tidak dapat dibandingkan dengan investasi yang dilakukan perusahaan dalam diri seorang karyawan. Insourcing dapat menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap perusahaan sehingga karyawan dapat memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Masalah kekuatiran apabila karyawan meninggalkan perusahaan, itu adalah masalah bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya. Lingkungan pekerjaan yang baik dapat membuat karyawan kerasan untuk tetap bekerja dalam perusahaan tersebut meskipun ditawarkan pekerjaan baru dengan gaji yang lebih baik. Hal ini sudah seringkali terjadi dalam perusahaan tempat saya bekerja, dimana karyawan yang sudah mengundurkan diri untuk menerima pekerjaan yang lebih baik gajinya, akhirnya kembali lagi ke perusahaan.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.