Mengembalikan yang ‘Hilang’

USB Flash Disk Anda pernah terjangkit virus lalu ketika discan dengan antivirus, si antivirus menawarkan untuk clean, repair, deny access, atau delete? Tapi sayangnya tidak ada pilihan lain selain Delete yang harus Anda pilih dan kemudian Anda mulai meratapi nasib file-file Anda.

Namun, jangan sedih dulu. Masih ada harapan bahwa file Anda masih ada dalam UFD Anda. Sebenarnya yang didelete oleh antivirus adalah file virus yang menyerupai file/folder Anda.

Beberapa virus mencoba mengelabui mata Anda dengan cara menyembunyikan file Anda (biasanya .doc, .jpg) dan attribute file Anda dijadikan Hidden plus System File lalu berkamuflase menyerupai file anda, hanya saja extensionnya .exe. Yang perlu Anda lakukan adalah

1. Buka My Computer.

2. Klik Tools, pilih Folder Options.

3. Pada tab view, lakukan hal-hal berikut

– Centang Display the content of system folders

– Klik radiobutton Show hidden files and folders

– Lalu hapus centang Hide protected operating system files(Recommended)

folder-options

Klik untuk memperbesar

4. Klik OK.

Apakah file/folder Anda muncul? Bila tidak, saya turut berduka atas kehilangan Anda. Bila muncul, bergembiralah karena sesungguhnya file Anda masih aman hanya saja ‘invisible’. Untuk file-file yang diset atributnya System File, Anda tidak bisa menghilangkan atribut itu dari jendela properties file Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah:

1. Buka Command Prompt. Ketik cmd pada Run

2. Lalu masuk ke drive UFD Anda. Misalkan E:

3. Ketik attrib -s -h /s /d lalu Enter.

attrib

Klik untuk memperbesar

Maka seluruh file dan folder pada UFD Anda akan dilepas atribut Hidden dan System file. Dan voila! file Anda sudah bisa dilihat lagi.

Note: Perintah attrib bisa dipakai untuk drive lainnya seperti drive C:\, tapi resiko ditanggung oleh Anda. 😀

Category: Tips & Tricks  Tags: ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>